Jumat, 01 April 2011

EVOLUSI DAN NUKLIR JEPANG


Sejak ledakkan nuklir di fukushima akibat gempa yang disertai tsunami, media asing  tidak henti-hentinya menayangkan pencemaran radioaktif baik di udara maupun di air. Kemarin di running text media lokal melansir bahwa radioaktif sudah terdeteksi di perairan malaysia, bahkan hari ini diberitakan bahwa di udara  Amerika sudah terdeteksi.
Bagaimana dengan Indonesia? Saya tidak tahu, dan berharap tidak terjadi walaupun hal ini mungkin saja terjadi.
Hari ke dua Ledakkan reaktor nuklir di Jepang, saya sempat menulis status berdasarkan pesan peringatan nuklir dalam air hujan yang oleh beberapa teman dianggap sebagai hoax atau pesan sampah walaupun demikian saya tetap khawatir. Sekarang mungkin kita pelan-pelan akan mulai ketakutan. Jangan-jangan radioaktif yang mematikan akan sampai ke Indonesia.
Dalam tulisan ini saya bukan mau membahas  paparan radioaktif. Disini saya hanya berimajinasi layaknya seorang yang suka menulis fiksi, imajinasi nakal saya diperoleh saat saya coba membaca sebuah buku yang terselib dirak buku saya, karya Charles Robert Darwin pencetus teori Evolusi  berdasarkan  seleksi alam dan adaptasi. 
Evolusi adalah mata pelajaran yang paling saya sukai ketika masih SMA di kampung.  Sampai saya datang ke Jakarta tidak henti-hentinya  mencari buku Darwin The Origins of Spesies dan baru saya dapat tahun 2002. Dalam buku tersebut diartikan bahwa evolusi adalah proses perubahan makluk hidup dari sederhana menuju ke arah lebih sempurna karena faktor lingkungan.
Kembali ke bencana Nuklir Jepang  jika dikaitkan dengan teori evolusi. Saya membayangkan binatang-binatang yang ada diperairan sekitar reaktor nuklir yang bocor  pasti sedang berjuang mempertahankan hidup dan tentunya banyak juga yang mati.
Masih berdasarkan teori  evolusi juga. Binatang atau makluk hidup laut tersebut akan coba beradaptasi melawan perubahan lingkungan, lambat laun makluk yang kuat akan bermutasi menjadi makluk yang lebih kuat terhadap radiasi bahkan mungkin akan berevolusi menjadi makluk raksasa seperti film Godzilla yang cukup terkenal belasan tahun yang lalu.

Mungkinkah akan keluar Godzilla sungguhan? Atau memang saat ini sedang terjadi mutasi gen akibat nuklir yang merubah bentuk fisik makluk yang terkena radiasi?

Atau, inikah saatnya saya mulai menulis sebuah  novel FIKSI ILMIAH yang selama ini saya impikan?

Marilah kita kembangkan imajinasi kita, dari pada harus pusing memikirkan Gedung DPR mewah.



(Salam Hangat dari P B8)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar