Rabu, 13 Oktober 2010

DINAMO STARTER RP. 1.400.000 VS RP.60.000


Beberapa waktu  yang lalu, saya mampir ke hypermarket dekat rumah, bersama saudara perempuan saya. Setelah kami berbelanja kami ingin pulang, ternyata mobil tidak bisa di starter, saya coba berulang-ulang namun tidak ada reaksi pada mesin.
Saat itu jam sudah menunjukkan pukul 21.00, dipelataran  sudah tidak banyak kendaraan yang parkir.
Apakah kami panik?
Tentu tidak’ saya tidak pernah panik apabila terjadi masalah pada kendaraan, kakak saya juga tenang-tenang saja karena dia tahu bahwa saya selalu mencari tahu informasi tentang barang apapun yang saya miliki. Dan dia tahu saya mengerti mesin.
Yang ada dalam pikiran saya adalah Accu soak (Habis Setrum), sehingga tidak ada reaksi pada Dinamo starter. Kemudian saya membuka kap mesin, dan mencari sebuah kabel kecil  yang tersambung pada Switch dinamo starter yang  sudah saya persiapkan untuk berjaga-jaga apabila Accu soak, maka saya masih bisa menghubungkan kabel itu ke kutub Positif Accu agar mesin bisa nyala (Walaupun Accu hanya terisi 30%)
Setelah saya coba hubungkan ternyata mobil tidak bisa menyala juga. Tentu dengan keadaan tersebut saya tidak mau buang waktu.
Cek Sekring ECU !!!!!
Tentu saja saya tahu itu, tetapi kalau kabel darurat yang saya persiapkan sudah tidak bereaksi dan lampu dashboard sudah menyala. Sudah bisa dipastikan masalah ada pada dinamo starter.
Pilihan satu-satunya adalah dengan cara Manual.
Manual?  Bagaimana caranya?
Manual maksudnya DORONG....
Caranya: Saya yang berada didalam mobil, kunci kontak pada posisi ON, masuk gigi tekan kopling sampai habis setelah mobil didorong dan bergerak agak lumayan lepas kopling dan mesin pun menyala. Saya kemudian memberi tips kepada pendorong mobil.
Keesokan harinya saya langsung ke tukang dinamo, saya pura-pura tidak  mengerti apa yang menimpa sang mobil. Tukang dinamo bercerita panjang lebar serta menunjukkan bentuk dinamo starter yang sudah sangat saya kenal (saya masih pura-pura tidak tahu) setelah dia selesai bicara saya tanya kira-kira perlu biaya berapa?
Jawabnya Rp. 1.400.000
Saya terkejut ½ mati dengan harga yang di tawarkan, karena saya sudah melakukan survey harga dinamo starter baru 1 set hanya 700.000, namun saya tidak ingin menggantinya dengan yang baru karena belum memeriksanya sendiri.
Untuk kerusakan pada dinamo starter kalau Switchnya rusak harga Rp. 150.000 baru, Carbon Brush habis harga Rp. 70.000, Dinamo rusak jika digulung hanya 250.000.  ongkos Rp. 0 karena saya biasa mengerjakannya sendiri. (Beda mobil beda harga, kalau mobil anda yang saya kerjakan ongkos NEGO, sediakan Kopi mungkin lebih murah lagi hehehe)
Akhirnya saya pulang, dan memarkirkan mobil didalam garasi karena belum sempat mengerjakannya. Beberapa hari kemudian saya menyempatkan diri membuka dinamo starter. Hanya ada tiga baut yang menghubungkan dinamo starter dengan blok mesin kemudian lepaskan kabel besar yang terhubung dengan switch dinamo (mur), dan kabel kecil (tertancap pada skun/ kabel yang selalu saya sambungkan untuk cadangan, bila accu soak). Memang hanya tiga baut , tetapi karena sudah lama tidak pernah bongkar mobil, terasa juga pegelnya. Beruntung selama ini kunci-kunci saya cukup komplit walaupun digunakan oleh montir profesional sekalipun. Dari kunci biasa sampai timing light saya mengoleksinya.
Setelah dinamo starter dibuka, saya coba menghubungkan kutub + Accu pada kabel yang terhubung langsung ke dinamo (tanpa melalui switch) ternyata tidak ada reaksi, saya kemudian melakukan pengukuran pada switch ternyata masih bagus. Fokus penanganan tertuju pada dinamo.
Saya melepaskan baut penutup pada dinamo, sambil berdoa semoga yang rusak adalah carbon brush jangan gulungannya. Doa saya ternyata terkabul, hahahaha yang rusak ternyata Carbon brushnya- sudah aus. Saya melepaskan carbon brush dan menuju toko onderdil, ternyata benar harganya hanya Rp. 60.000.
Setelah saya mendapatkan carbon brush saya merakit ulang dinamo starter, ternyata lebih gampang memasang kembali dari  pada membongkarnya. Setelah semua terpasang rapi, saya coba menyalakan mobil, ternyata Accunya soak karena sudah beberapa hari tidak dinyalakan.
Saya enggan melepaskan accu lain, menggunakan kabel jumper pun tidak sampai,  akhirnya saya ambil kabel darurat  yang terhubung pada skun di switch dinamo, dan saya tempelkan pada kutub +, akhirnya mobil menyala. Setelah menyala saya biarkan  beberapa saat agar setrum accunya bisa terisi lagi.
Semoga  tulisan ini bisa bermanfaat bagi anda semua.
 Tips: 
  1. Jangan lupa masuk gigi dua saat menyalakan secara manual, agar saat mesin menyala tidak  ada hentakan kencang 
  2. Jangan lupa memberi tips pada yang mendorong mobil
  3. Boleh sekedar cek harga komponen, namun jangan mengerjakannya sendiri karena akan mengurangi pendapatan  bengkel 
  4. Apabila mobil tidak dihidupkan selama beberapa hari, jangan lupa lepas salah satu kutub Accu, serta
  5. Jangan menginjak gas terlalu dalam saat mobil baru dinyalakan  yang mengakibatkan suara mesin menggelegar (Seolah-olah anda Sebastian Loeb) karena akan menyebabkan  keausan pada mesin anda.

15 komentar:

  1. Kayaknya mbilku brsan jg gitu, lampu dsboard nyala tp distater ndak ada reaksi. Semua sekring OKE. Didorong 5 meter & msk gigi 2, lgsung jreng. Kejadian berada 35 km dr rmh, akhirnya balik kanan lgsung ke rmh tanpa berhenti tentunya. Trims infonya sbg modal biar ndak dikibulin bengkel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Om kalo mobilnya matic bagaimana ? Kan gak bisa di dorong ?

      Hapus
  2. Iya bro, jgn gampang percaya bengkel. apalagi kl ngak kenal.

    BalasHapus
  3. Kejadian mas persis yang dialami saya pada Sabtu (25/6) dini hari sekitar pukul 02.00. Tiba2 mobil tak bisa distarter. Tapi lampu nyala. Karena jam segitu mana ada bengkel, maka dinyalakan secara manual oleh teman saya yang khusus saya telpon dinihari..akhirnya mobil nyala, dan mrk saya kasih tips. Hingga tulisan ini dibuat, saya belum memeriksakan mobil ke bengkel. Perlu diketahui mobil saya Jimny thn 83, reputasi:dua kali mogok di waktu yang sama, DINI HARI..huh...

    BalasHapus
  4. Jual Macam - macam Dinamo Starter dan Alternator (Amper) Copotan Mobil Jepang, Korea maupun Mobil Eropa Ex- Singapura. Garansi 3 Bulan. Harga mulai dari Rp. 275.000 (Tergantung dari jenis dan Tipe Kendaraan). Menerima pembelian dari seluruh Indonesia dengan sistem pembayaran transfer via Bank BCA dan MANDIRI. Pengiriman melalui jasa paket TIKI/JNE. Untuk Informasi Harga, jenis barang, dan informasi Pemesanan, dapat menghubungi kami di 0813 1238 6573 (Untuk yang serius harap Telepon, SMS Tidak akan kami Respond). PIN BB 32140FFC

    BalasHapus
  5. hal yg sama dengan vantrend putih saat ini...trims mas bro atas sharingnya.

    BalasHapus
  6. Pak Asgar Tekhnik Alamatnya dimana ?

    BalasHapus
  7. Persis.sama yg lg gw alami sekarang, dinamo stater ga ngangkat! Mobil gw hyundai accent 2001! Mkasih mas bro tipsnya

    BalasHapus
  8. Sepertinya mobil saya mengalami hal yg sama, jika waktu pagi hari dinyalakan bunyi cek kira2 15detik baru menyala enginenya, sptnya switch or brush dinamo starter yg problem, senin baru akan saya bawa ke bengkel. Mobil saya LGX 1.8, thank you sharenya bro

    BalasHapus
  9. Sampai saat ini sy ragu bawa mobil sy ke bengkel,tiap kali diperiksa saat mencoba stater,dan pada waktu mesin dingin,selalu berat,tidak mengangkat terlihat seperti Accu yg tekor,terkadang dynamo staterny juga bendix tak berfungsi baik.langkah manual yg slalu jln terakhir..hehehe.. hingga sy berpikir apa sbenarnya yg bermasalah? apakah Accu,dynamo stater,juga sempat servis bendix,hingga ada yg blg itu dari cable pengantar arus yg hrs diganti. Mngkin ada saran yg bs bermamfaat buat sya,yg hanya "diatas rata-rata" mobil saya SUZUKI FORZA AMENITY akan sangat bermamfaat semua saran dari teman2 semua.terima kasih.

    BalasHapus
  10. cukup membantu tip nya.tks

    BalasHapus
  11. Avanzaku juga sama nasibnya gak bisa starter, padahal aki tokcer. Trims infonya

    BalasHapus
  12. Terima kasih gan tips dan info harganya sangat membantu..semoga sukses selalu

    BalasHapus
  13. sama kejadianya di saya.
    tapi kata bengkel brush bagus, aki bagus yang rusak adalah selenoid swicth starternya
    gile harganya di prospek plus pasang 3jtan
    terus di bengkel biasa dijamper pake relay
    tolong info donk ..selenoid ini bisa direpair ngk ya?
    mobil saya honda stream.

    BalasHapus
  14. Idem ama ane nih om, cuma masalahnya avanza matic.. beli brush punya carry 10rb depan terminal bekasi.. cuma blm dipasang.. mudah2an cuma abis brush nya.. utk harga altenator yg ORI brp yah?

    BalasHapus