Rabu, 13 Oktober 2010

DINAMO STARTER RP. 1.400.000 VS RP.60.000


Beberapa waktu  yang lalu, saya mampir ke hypermarket dekat rumah, bersama saudara perempuan saya. Setelah kami berbelanja kami ingin pulang, ternyata mobil tidak bisa di starter, saya coba berulang-ulang namun tidak ada reaksi pada mesin.
Saat itu jam sudah menunjukkan pukul 21.00, dipelataran  sudah tidak banyak kendaraan yang parkir.
Apakah kami panik?
Tentu tidak’ saya tidak pernah panik apabila terjadi masalah pada kendaraan, kakak saya juga tenang-tenang saja karena dia tahu bahwa saya selalu mencari tahu informasi tentang barang apapun yang saya miliki. Dan dia tahu saya mengerti mesin.
Yang ada dalam pikiran saya adalah Accu soak (Habis Setrum), sehingga tidak ada reaksi pada Dinamo starter. Kemudian saya membuka kap mesin, dan mencari sebuah kabel kecil  yang tersambung pada Switch dinamo starter yang  sudah saya persiapkan untuk berjaga-jaga apabila Accu soak, maka saya masih bisa menghubungkan kabel itu ke kutub Positif Accu agar mesin bisa nyala (Walaupun Accu hanya terisi 30%)
Setelah saya coba hubungkan ternyata mobil tidak bisa menyala juga. Tentu dengan keadaan tersebut saya tidak mau buang waktu.
Cek Sekring ECU !!!!!
Tentu saja saya tahu itu, tetapi kalau kabel darurat yang saya persiapkan sudah tidak bereaksi dan lampu dashboard sudah menyala. Sudah bisa dipastikan masalah ada pada dinamo starter.
Pilihan satu-satunya adalah dengan cara Manual.
Manual?  Bagaimana caranya?
Manual maksudnya DORONG....
Caranya: Saya yang berada didalam mobil, kunci kontak pada posisi ON, masuk gigi tekan kopling sampai habis setelah mobil didorong dan bergerak agak lumayan lepas kopling dan mesin pun menyala. Saya kemudian memberi tips kepada pendorong mobil.
Keesokan harinya saya langsung ke tukang dinamo, saya pura-pura tidak  mengerti apa yang menimpa sang mobil. Tukang dinamo bercerita panjang lebar serta menunjukkan bentuk dinamo starter yang sudah sangat saya kenal (saya masih pura-pura tidak tahu) setelah dia selesai bicara saya tanya kira-kira perlu biaya berapa?
Jawabnya Rp. 1.400.000
Saya terkejut ½ mati dengan harga yang di tawarkan, karena saya sudah melakukan survey harga dinamo starter baru 1 set hanya 700.000, namun saya tidak ingin menggantinya dengan yang baru karena belum memeriksanya sendiri.
Untuk kerusakan pada dinamo starter kalau Switchnya rusak harga Rp. 150.000 baru, Carbon Brush habis harga Rp. 70.000, Dinamo rusak jika digulung hanya 250.000.  ongkos Rp. 0 karena saya biasa mengerjakannya sendiri. (Beda mobil beda harga, kalau mobil anda yang saya kerjakan ongkos NEGO, sediakan Kopi mungkin lebih murah lagi hehehe)
Akhirnya saya pulang, dan memarkirkan mobil didalam garasi karena belum sempat mengerjakannya. Beberapa hari kemudian saya menyempatkan diri membuka dinamo starter. Hanya ada tiga baut yang menghubungkan dinamo starter dengan blok mesin kemudian lepaskan kabel besar yang terhubung dengan switch dinamo (mur), dan kabel kecil (tertancap pada skun/ kabel yang selalu saya sambungkan untuk cadangan, bila accu soak). Memang hanya tiga baut , tetapi karena sudah lama tidak pernah bongkar mobil, terasa juga pegelnya. Beruntung selama ini kunci-kunci saya cukup komplit walaupun digunakan oleh montir profesional sekalipun. Dari kunci biasa sampai timing light saya mengoleksinya.
Setelah dinamo starter dibuka, saya coba menghubungkan kutub + Accu pada kabel yang terhubung langsung ke dinamo (tanpa melalui switch) ternyata tidak ada reaksi, saya kemudian melakukan pengukuran pada switch ternyata masih bagus. Fokus penanganan tertuju pada dinamo.
Saya melepaskan baut penutup pada dinamo, sambil berdoa semoga yang rusak adalah carbon brush jangan gulungannya. Doa saya ternyata terkabul, hahahaha yang rusak ternyata Carbon brushnya- sudah aus. Saya melepaskan carbon brush dan menuju toko onderdil, ternyata benar harganya hanya Rp. 60.000.
Setelah saya mendapatkan carbon brush saya merakit ulang dinamo starter, ternyata lebih gampang memasang kembali dari  pada membongkarnya. Setelah semua terpasang rapi, saya coba menyalakan mobil, ternyata Accunya soak karena sudah beberapa hari tidak dinyalakan.
Saya enggan melepaskan accu lain, menggunakan kabel jumper pun tidak sampai,  akhirnya saya ambil kabel darurat  yang terhubung pada skun di switch dinamo, dan saya tempelkan pada kutub +, akhirnya mobil menyala. Setelah menyala saya biarkan  beberapa saat agar setrum accunya bisa terisi lagi.
Semoga  tulisan ini bisa bermanfaat bagi anda semua.
 Tips: 
  1. Jangan lupa masuk gigi dua saat menyalakan secara manual, agar saat mesin menyala tidak  ada hentakan kencang 
  2. Jangan lupa memberi tips pada yang mendorong mobil
  3. Boleh sekedar cek harga komponen, namun jangan mengerjakannya sendiri karena akan mengurangi pendapatan  bengkel 
  4. Apabila mobil tidak dihidupkan selama beberapa hari, jangan lupa lepas salah satu kutub Accu, serta
  5. Jangan menginjak gas terlalu dalam saat mobil baru dinyalakan  yang mengakibatkan suara mesin menggelegar (Seolah-olah anda Sebastian Loeb) karena akan menyebabkan  keausan pada mesin anda.

51 komentar:

  1. Kayaknya mbilku brsan jg gitu, lampu dsboard nyala tp distater ndak ada reaksi. Semua sekring OKE. Didorong 5 meter & msk gigi 2, lgsung jreng. Kejadian berada 35 km dr rmh, akhirnya balik kanan lgsung ke rmh tanpa berhenti tentunya. Trims infonya sbg modal biar ndak dikibulin bengkel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Om kalo mobilnya matic bagaimana ? Kan gak bisa di dorong ?

      Hapus
    2. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

      Hapus
  2. Iya bro, jgn gampang percaya bengkel. apalagi kl ngak kenal.

    BalasHapus
  3. Kejadian mas persis yang dialami saya pada Sabtu (25/6) dini hari sekitar pukul 02.00. Tiba2 mobil tak bisa distarter. Tapi lampu nyala. Karena jam segitu mana ada bengkel, maka dinyalakan secara manual oleh teman saya yang khusus saya telpon dinihari..akhirnya mobil nyala, dan mrk saya kasih tips. Hingga tulisan ini dibuat, saya belum memeriksakan mobil ke bengkel. Perlu diketahui mobil saya Jimny thn 83, reputasi:dua kali mogok di waktu yang sama, DINI HARI..huh...

    BalasHapus
  4. Jual Macam - macam Dinamo Starter dan Alternator (Amper) Copotan Mobil Jepang, Korea maupun Mobil Eropa Ex- Singapura. Garansi 3 Bulan. Harga mulai dari Rp. 275.000 (Tergantung dari jenis dan Tipe Kendaraan). Menerima pembelian dari seluruh Indonesia dengan sistem pembayaran transfer via Bank BCA dan MANDIRI. Pengiriman melalui jasa paket TIKI/JNE. Untuk Informasi Harga, jenis barang, dan informasi Pemesanan, dapat menghubungi kami di 0813 1238 6573 (Untuk yang serius harap Telepon, SMS Tidak akan kami Respond). PIN BB 32140FFC

    BalasHapus
  5. hal yg sama dengan vantrend putih saat ini...trims mas bro atas sharingnya.

    BalasHapus
  6. Pak Asgar Tekhnik Alamatnya dimana ?

    BalasHapus
  7. Persis.sama yg lg gw alami sekarang, dinamo stater ga ngangkat! Mobil gw hyundai accent 2001! Mkasih mas bro tipsnya

    BalasHapus
  8. Sepertinya mobil saya mengalami hal yg sama, jika waktu pagi hari dinyalakan bunyi cek kira2 15detik baru menyala enginenya, sptnya switch or brush dinamo starter yg problem, senin baru akan saya bawa ke bengkel. Mobil saya LGX 1.8, thank you sharenya bro

    BalasHapus
  9. Sampai saat ini sy ragu bawa mobil sy ke bengkel,tiap kali diperiksa saat mencoba stater,dan pada waktu mesin dingin,selalu berat,tidak mengangkat terlihat seperti Accu yg tekor,terkadang dynamo staterny juga bendix tak berfungsi baik.langkah manual yg slalu jln terakhir..hehehe.. hingga sy berpikir apa sbenarnya yg bermasalah? apakah Accu,dynamo stater,juga sempat servis bendix,hingga ada yg blg itu dari cable pengantar arus yg hrs diganti. Mngkin ada saran yg bs bermamfaat buat sya,yg hanya "diatas rata-rata" mobil saya SUZUKI FORZA AMENITY akan sangat bermamfaat semua saran dari teman2 semua.terima kasih.

    BalasHapus
  10. cukup membantu tip nya.tks

    BalasHapus
  11. Avanzaku juga sama nasibnya gak bisa starter, padahal aki tokcer. Trims infonya

    BalasHapus
  12. Terima kasih gan tips dan info harganya sangat membantu..semoga sukses selalu

    BalasHapus
  13. sama kejadianya di saya.
    tapi kata bengkel brush bagus, aki bagus yang rusak adalah selenoid swicth starternya
    gile harganya di prospek plus pasang 3jtan
    terus di bengkel biasa dijamper pake relay
    tolong info donk ..selenoid ini bisa direpair ngk ya?
    mobil saya honda stream.

    BalasHapus
  14. Idem ama ane nih om, cuma masalahnya avanza matic.. beli brush punya carry 10rb depan terminal bekasi.. cuma blm dipasang.. mudah2an cuma abis brush nya.. utk harga altenator yg ORI brp yah?

    BalasHapus
  15. JP (jaya putra dinamo)11 Februari 2015 pukul 21.44

    alternator avanza yg lama murah gan, saya biasa jual 500 rb udh termasuk jasa + garansi 6 bulan
    7edbdeea

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dul Max, saya baru membaca artikel ini karena keterjadi pada mobil saya, Suzuki APV tahun 2004, kejadiannya sebetulnya sudah 1 tahun yang lalu, mulanya fan beltnya sering aus dan pada akhirnya putus, beberapa kali ganti bengkel dan yang diganti hanya fanbeltnya yang putus, dan terakhir atas saran dari teman saya diantar ke tempat bengkel Dinamo ternyata benar Dinamonya rusak dan harus ada yang diganti. Untuk sementara. Saya tanyakan bisa Nggak dinamo APV diganti pakai mobil honda ? kedua saya cek harga dinamo ditoko yang ORI merk APV harganya Rp. 1.680.000

      Hapus
    2. Gan, kl jasa gulung alternator avanza 2004 brp?

      Hapus
    3. Gan, kl jasa gulung alternator avanza 2004 brp?

      Hapus
  16. Aki penuh tapi seperti gak kuat muter mesin. Apa masalahnya?

    BalasHapus
  17. mobil saya hyunday accent 2003,seminggu pake mogok lagi,mulai dari akinya yg disuruh ganti,dinamonya diganti,dinamo staternya diganti,eh masih mogok ditengah jalan,,hikz,mana qta cewek,sendirian lagi,bwa kebengkel disuruh ganti alternator(gak ngerti juga apa itu)biayanya 1,5 juta keatas belum ongkos kerjanya,lengkaplah sudah,,bagi sarannya dan ilmunya mas?

    BalasHapus
  18. Sama..saya barusan juga Demikian, di starter gak bunyi. Dibawa je bengkel Dinamo katanya aki soak..udah di ganti malah gak nyala, sama saat awal starter gak bunyi. Di otak atik sama tu bengkel baru nyala..

    BalasHapus
  19. Saya brusan membeli dinamo starter baru,eh ternyata mau dipasang dinamonya tdk cocok padahal di toko sy sdah bilangin klo mbil sy nissan terano thn 98,minta infonya gan ,apa dinamo yg tahun 2000an keatas beda ya dudukannya sama terano dbawah thn 2000an.??

    BalasHapus
  20. Masbro, gimana nasib Soluna matic saya ? di dorong gk bisa....help simptonnya sama, lampu dasboard nyala gk ada reaksi, nasib deh

    BalasHapus
  21. Mobil sy jg terkendala seperti itu, ketika mau menyalakan bunyi cetek cetek...dinamo starter gak mau nyala,kondisi aki baru.tp kl sabar dicoba beberapa kali akhirnya bisa nyala,hny saja lama kelamaan makin susah nyala starternya apalagi setelah perjalanan lama atau mesin sudah panas...staternya gak mau nyala lg.akhirnya ke bengkel langganan dan dirujuk ke bengkel dinamo,penyakitnya di switch starter dan diganti dengan ex copotan plus relay tambahan.just info biaya total kena 550rb sudah termasuk cek dinamo starter dan ganti brush.mobil baleno 97.

    BalasHapus
  22. Mobil sy jg terkendala seperti itu, ketika mau menyalakan bunyi cetek cetek...dinamo starter gak mau nyala,kondisi aki baru.tp kl sabar dicoba beberapa kali akhirnya bisa nyala,hny saja lama kelamaan makin susah nyala starternya apalagi setelah perjalanan lama atau mesin sudah panas...staternya gak mau nyala lg.akhirnya ke bengkel langganan dan dirujuk ke bengkel dinamo,penyakitnya di switch starter dan diganti dengan ex copotan plus relay tambahan.just info biaya total kena 550rb sudah termasuk cek dinamo starter dan ganti brush.mobil baleno 97.

    BalasHapus
  23. Terios saya g bisa distater ketika mesin hidup,,kunci diputar tp stater gak ngangkat cm klr bunyi "tek,,tek" dan indicator dashboard meredup.. Apa ini tanda2 aki tekor??atau masalah dinamo nya??mohon petunjuk para senior engineering.... Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. persis seperti mobil saya skrg nih bro. udah tau penyakitnya belum bro..? kalau udah mohon pencerahaannya om. 081808286954 thx

      Hapus
  24. Refy.
    Mobil sy honda cyti 2000 matic... untuk harga dinamo starternya brp ya gan yg ori...
    Trim's

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1,5jt klo ganti baru bos..klo pasang cari montir yg murah aja..di subur motor bandung

      Hapus
  25. Gan..
    Saya pake honda cyti 2000.. matic... untuk harga dinamo starternya yg ori berapa ya???
    Mohon bantuan infonya...
    Trim's

    BalasHapus
  26. Mobil All new Xenia R Dulex 2013 saya di starter cuman bunyi cek..cekkk..cekkk, lampu desbor redup, radio nyala, awal terjadi 24 Desember 15, dipanggilin Garda Oto, cuman di jemper Accu nya. Dibulan maret terjadi lg trus aku dorong nyala normal normal pakai 10 mwnit. Setelah mwsin dimatikan jarak 30 dinyalakan adh tidak bisa lagi.

    Mohon pencerahanya.apakah Accu bisa saya charger? Apa yg mesti yang aaya ganti, berapa harganya? Saya Buta Meain mobil. Terima kasih pada semua.

    BalasHapus
  27. Mobil All new Xenia R Dulex 2013 saya di starter cuman bunyi cek..cekkk..cekkk, lampu desbor redup, radio nyala, awal terjadi 24 Desember 15, dipanggilin Garda Oto, cuman di jemper Accu nya. Dibulan maret terjadi lg trus aku dorong nyala normal normal pakai 10 mwnit. Setelah mwsin dimatikan jarak 30 dinyalakan adh tidak bisa lagi.

    Mohon pencerahanya.apakah Accu bisa saya charger? Apa yg mesti yang aaya ganti, berapa harganya? Saya Buta Meain mobil. Terima kasih pada semua.

    BalasHapus
  28. Mobil All new Xenia R Dulex 2013 saya di starter cuman bunyi cek..cekkk..cekkk, lampu desbor redup, radio nyala, awal terjadi 24 Desember 15, dipanggilin Garda Oto, cuman di jemper Accu nya. Dibulan maret terjadi lg trus aku dorong nyala normal normal pakai 10 mwnit. Setelah mwsin dimatikan jarak 30 dinyalakan adh tidak bisa lagi.

    Mohon pencerahanya.apakah Accu bisa saya charger? Apa yg mesti yang aaya ganti, berapa harganya? Saya Buta Meain mobil. Terima kasih pada semua.

    BalasHapus
  29. Mobilku mungkin juga sama vios 2007,Keadaan accu baru diganti,pikiranku mungkin dari accu tekor padahal baru,tapi di stater gak bisa bisa,terimakasih udah ngeshare yg sangat ngebantu,karna aku ga tau sama sekali soal mobil hehe

    BalasHapus
  30. Mobil saya juga tdk bisa distater ternyata lampu indikator aki menyala terus. Bengkel aki bilang altenatornya /dinamo amper hrs diservis. Supaya arus listrik masuk.krn aki tekor/tawar. Stlh diservis memang tokcer. Hanya ada lampu LEd indikator alarm menyala terus. Dan alarm tdk buny "bep" Kenapa ya? Biaya servis dinamo amper, ganti diode 1 set, dan ganti laher atad bawah dinamo total 900 ribu. Apa itu wajar? Mohon komennya

    BalasHapus
  31. Mobil saya juga tdk bisa distater ternyata lampu indikator aki menyala terus. Bengkel aki bilang altenatornya /dinamo amper hrs diservis. Supaya arus listrik masuk.krn aki tekor/tawar. Stlh diservis memang tokcer. Hanya ada lampu LEd indikator alarm menyala terus. Dan alarm tdk buny "bep" Kenapa ya? Biaya servis dinamo amper, ganti diode 1 set, dan ganti laher atad bawah dinamo total 900 ribu. Apa itu wajar? Mohon komennya

    BalasHapus
  32. Harga Dinamo Starter Isuzu Dmax tahun 2007 Berapa Bos

    BalasHapus
  33. As wa wb bos kl hrga dinamo stater br mobil zebra 1.0 thn 87 brp kira2 bos?wslm .auf

    BalasHapus
  34. Salam kenal mas bro, artikelnya mantap

    BalasHapus
  35. mobil saya honda crv tahun 2003 rusak dinamo ampere bagian diode dan laher, ganti diode satu set 300rb dan beli laher baru sepasang 100rb cuma belum termasuk ongkos pasang

    BalasHapus
  36. Thanks infonya, mobil saya juga mengalami harus stater agak panjang baru nyala, apa ya penyebabnya

    BalasHapus
  37. gan, mobil ane kijang kapsul LSX 97 karbu, aki baru, kunci kontak baru, setelah diganti jrenggg enak dan bunyi hlus, selang 1 hari, eh saat mau dipake, dasbord lampu indikator nyala, tapi saat di kontak cuman bunyi cetek 1x, kira2 apanya gan, mumet ane gan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata dinamo stater biangnya hemmm, kabel ground ditambah yg gede ke body mesin, alhamdulillah teratasi

      Hapus
    2. Dibenerin sendiri atau ke bengkel bang ?

      Hapus
  38. kalao arang dinamo buat honda crv gen 2 dmana ya mas ?

    BalasHapus
  39. Mobil saya mitsubishi lancer glix thn 99 yg saya alami stater mobil cetek cetek. Klo mau hidup harus sambil injak gas dan stater baru hidup, mohon pencerahannya

    BalasHapus
  40. Mobil saya honda jazz 2006 baru2 ini kadang bs di stater kadang gag bisa. jd klo keadaan mati maen sistem dorong br bs jalan. blg org bengkel resminya ga da masalah apa2, suruh ganti AKI pdhl AKI blm lama ganti, kita test beli AKI baru, eh..mau distater tapi pas diajak jln tiba2 gag bisa di stater lg. trs cek dibengkel luar diganti switch nya tp ttp aja kadang bisa, kadang gag bs. minta solusi dong. pusing jg klo mau jalan mesti mikir dl takut gag bs di stater

    BalasHapus
  41. Mobil saya kijang super aki nya baru relay stater nya smua normal lampu nya menyala smua, tpi di stater sangat berat... Seperti aki tekor, ganti lah sama aki yang baru eh ternyata sama juga distater sangat berat... Mohon bantuan nya apa ya masalah nya... Pas dibuka stater nya di tes secra manual stater nya bagus seperti biasa... Tpi pas di buka dalam stater nya ada bekas karatan air bnyak... Apa itu ya yg buat jdi berat

    BalasHapus