Sabtu, 05 Maret 2011

JANGAN TAKUT KELINCI LOGAM!

Seperti janji saya pada tulisan APA MAKNA TAHUN BARU IMLEK? http://www.facebook.com/note.php?note_id=187377654614744
Bahwa saya akan memberikan gambaran tentang shio apa saja yang tidak selaras (Ciong) pada Tahun Kelinci Logam (Menurut teori fengshui lho)
Setiap menjelang pergantian tahun Imlek, banyak penulis menerbitkan buku tentang ramalan Shio. Saya pun tidak ketinggalan untuk membelinya walaupun saya sudah banyak mengoleksi buku-buku feng shui dan ramalan, beginilah kebiasaan buruk saya jika berkunjung ke toko buku. Saya selalu membeli buku walaupun dengan menggunakan kartu kredit (hehehe, buka rahasia nih. ternyata P B8 suka ngutang, bukan pengen berhutang, dari pada tagihan kartu kredit hanya sebesar biaya materai Rp. 6000). Kembali ke topik tulisan. Apa itu Shio?
Shio adalah lambang zodiak China, yang terdiri dari 12 jenis binatang yang menaungi tahun yang bersangkutan. Dari Tikus, Kerbau, Macan, Kelinci, Naga, Ular, Kuda, Kambing, Monyet, Ayam, Anjing, Babi. Oleh masyarakat keturunan China disebut dengan istilah Shi er xiao (Mandari) Cap Ji Shio (Hokkian dan Tiau Ciu) Sip Nyi Sang Siau (Hakka/Khek) yang memiliki makna sama.
Dari 12 shio tersebut dipercaya memiliki karakteristik berbeda-beda. Namun saya tidak membahas karakteristik masing-masing shio, karena saya yakin tingkah laku seseorang sangat dipengaruhi oleh lingkungan dan pola hidup orang yang bersangkutan (Anak yang hidup dilingkungan santun dan religius akan berbeda sifatnya dengan anak yang tumbuh dilingkungan keras dan cenderung banyak maksiat).
Tahun ini diketahui sebagai tahun Kelinci Logam. Tertulis dibuku bahwa yang Ciong adalah Kelinci , Ayam, Kuda dan Tikus. Teman saya yang bernaung dibawah shio di atas langsung terdiam saat dia menanyakan shio apa saja yang ciong tahun Kelinci, karena teman saya termasuk dalam salah satu Shio tersebut.
Melihat sikap teman tersebut, saya langsung tertawa terbahak bahak.
“Kenapa tertawa P B8, Senang lihat saya Ciong?” kata teman saya serius.
Saya tidak menjawab, malahan saya bertanya “Kawan tahu bahwa hari ini menurut BMKG Jakarta dan sekitarnya akan turun hujan deras?”
“Saya tidak tahu,” jawabnya sambil melihat kearah langit dan mencari-cari, seolah-olah ada tulisan hasil ramalam BMKG. (Memang teman saya jarang buka internet).
“Apa yang kau lihat teman?”
“Cerah dan terik,” jawabnya yakin. Karena cuaca hari itu memang seperti itu.
“Kau sudah paham?” tanya saya.
“Tidak,” jawabnya.
Biarlah teman saya tidak paham, saya yakin teman-teman yang baca tulisan ini semuanya paham.
Seperti saya sebutkan di atas terdapat 4 shio yang tidak selaras mulai tanggal 3 Februari (Menurut teori feng shui). Kalau menurut teorinya tentunya saya juga tidak sepenuhnya percaya, karena masih ada analisis yin yang lima unsur yang terdiri dari Kayu, Api, Tanah,Logam, Air.
Bagaimana mengetahui unsur seseorang?
Unsur seseorang ditentukan jam, tanggal, bulan, dan tahun lahir (hitungannya sedikit rumit).
Berdasarkan hitungan feng shui juga tentunya tidak selamanya 4 shio di atas mengalami ciong, walaupun seseorang bernaung dibawah shio Kelinci , Ayam, Kuda atau Tikus namun dinaungi unsur api atau logam atau tanah tentu saja tidak akan terpengaruh. (Lagi-lagi logika saya menggunakan teori feng shui juga).
Perlu saya beri tahu, bahwa tahun lalu teman saya yang bershio Monyet berkesempatan mengganti mobil yang lebih bagus lagi walaupun menurut hitungan (teori fengshui) teman saya ciong, bahkan pasiennya sangat banyak.
Setelah membaca ulasan di atas, saya harap teman-teman jangan gampang terpengaruh dengan ramalan-ramalan oleh orang yang bukan ahlinya. Saya tidak bermaksud mengatakan peramal salah, namun untuk melakukan sebuah peramalan tentu banyak faktor yang menjadi dasar perhitungan, dan saya tidak mengerti.

Yang terpenting menurut saya adalah SELAMA KITA MAU BERUSAHA, PELUANG MAJU PASTI ADA.
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar